June 16, 2009

Bikin roti sendiri


roti isi daging (ayam cincang)cinnamon buns sebelum masuk ovencinnamon buns setelah dioven

Tinggal di negara orang paling repot kalau sudah menyangkut urusan perut, apalagi di kota kecil seperti tempatku tinggal ini. Kadang tiba-tiba kepengen makan roti isi seperti yang banyak dijual di toko2 roti di Jakarta, tetapi disini mana ada yang jual. Pilihan roti disini kecuali roti tawar paling2 tidak jauh dari bagels, scones, atau cinnamon buns. Nah yang terakhir disebut aku lumayan suka, cuma kalau beli di toko gak tahan sama manis toppingnya, blenger! Orang sini sepertinya suka sekali dengan gula karena kue2nya menurut lidahku manisnya keliwatan. Kalau sudah begini terpaksa browsing resep di internet cari tau kira2 kalau bikin bagaimana ya rasanya? Tentunya gak bakal sama persis seperti yang dijual di toko2 roti, tetapi demi memuaskan keinginan hati sekali2 boleh dong nekat bikin roti sendiri! Berikut foto roti yang aku buat bulan lalu...belum seperti yang aku harapkan hasilnya, tetapi lumayanlah untuk pemula :)

13 comments:

Toni said...

Itu mah bukan pemula atuh, sudah bagus El, keliatan dari tekstur, & warnanya. Ibu ini mah sudah jago baking-nya, kita kan belajar dari dirimu. BTW, nguleni pake mixer biasa atau yang gede, atau pake tangan yang bikin pegel ?
Ditunggu eksperimen lainnya di sana ya El & seperti biasa bagi2 resepnya. Gue dah kayak emak2 aja kalau diskusi yang ginian :)

Mochachocolata Rita said...

ahhh keren kok...susah lho bikin roti...aku gagal berkali2 hehe

the writer said...

Looks good! Wah ibu satu ini udah jago. AKu sendiri kalo makan pastries disini selalu kemanisan juga, makanya cuman waktu datang pertama2 saja doyan Danish pastries, setelahnya udah ogah :(

rima fauzi said...

wah giilaaaaaaaaaaaaaa... itu rotinya mantafff.. minta reseppp!!!

Lorraine said...

El,

The buns look lovely & delicious. Cinnamon buns are also my fave.

therry said...

Gilole roti dagingnya... schlurffff!!!

Elyani said...

@Toni : ngulenin pakai tangan Ton, sampai gempor deh! tapi sekarang sudah punya bread machine, jadi bikin doughnya bisa dimesin, nanti pas proofing ya dikerjakan manual.

@Rita: aku gagal juga 2 kali, yang penting menurutku raginya harus hidup (ngembang) ya, kalau pakai resep Indo aku suka ngurangin menteganya karena menurutku sering kebanyakan sehingga adonan gak kalis2.

@the writer: ya lumayanlah Va, buat iseng2 ngisi waktu.

@Rima: resep menyusul ya, harus nyalin dulu dari majalah Sedap. Kalo cinnamon buns sih upload dari internet.

@Lorraine & Therry : thanks :)

sima said...

Ely, aduh enaknya... baru ngeliat gambarnya udah kebayang nyam..nyam...

tikno said...

Sayang resepnya masih rahasia.

BabyBeluga said...

Minta recipenya dunk...

Toko Mainan Main Yook said...

Wow kayaknya enak tuh...mau duong resepna ;-)

Salam Main Yook,
http://mainyook.blogspot.com
Grosir&Ritel mainan anak

edratna said...

Ely...rotimu terlihat enak..nyam...nyam...
Kalau di LN memang mesti pinter masak ya....

Bener kata mas Toni..bagi resepnya....

Seputar Ibu Bekerja said...

mantep sis..lagi belajar masak juga nih semanjak di rumah saja :-)

TFS ya

Libryana

mau bisnis modal 39.900 dengan hasil jutaan???

http://www.bisnisinternetku.net (bisnis dhasyatku)
http://butiku-kirana.com ( toko onlineku)